Sabtu, 31 Desember 2011

Posted by ReL2 107.6FM
No comments | 01.43


Sumber energi
Sumber energi
Sepanjang siang sinar mentari hampir tak pernah absen menerpa atap studio Green Radio. Disana kami mulai memasang panel surya pembangkit listrik untuk menjalankan perangkat studio siaran dan beberapa perangkat elektronik lainnya. Green Radio mulai menggunakan Green Energy.
Dari 12 lempeng panel surya yang dipasang, masing-masing berdaya 100 WP, diharapkan menghasilkan daya 1200 watt/jam. Daya disimpan dalam 8 buah battery berkapasitas 110 A/12 V. Listrik yang tersimpan bisa digunakan secara optimal selama empat jam perhari.
Untuk perawatan tak terlalu repot. Hanya perlu mengelap panel surya agar tetap bersih dari debu, sehingga lebih maksimal menangkap sinar matahari. Sementara untuk battery penyimpanan listriknya, digunakan battery kering yang nyaris tidak membutuhkan perawatan apapun.
Langit sedang berawan di atas Utan Kayu, namun masih menyisakan cahaya matahari yang sangat berguna untuk membangkitkan listrik tenaga surya Green Radio.
            
Bersiap memasang panel surya
Bersiap memasang panel surya
 
 
 
 
 
 
Persiapan Instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Panel surya baru saja dikeluarkan dari kardusnya, siap dinaikan ke atap studio Green Radio untuk segera dipasang.

Panel surya dinaikkan
Panel surya dinaikkan





Hati-hati. Panel surya dinaikkan secara hati-hati melalui tangga vertikal  ke atap studio Green Radio.


Penyiapan frame dan pengkabelan
Penyiapan frame dan pengkabelan





Penyiapan Frame. Setelah rangka dan pengkabelan disiapkan, panel surya siap dirakit.

Merakit panel surya
Merakit panel surya





Perakitan. Merakit panel surya pada frame yang sudah disiapkan.

Siap beroperasi
Siap beroperasi





PLTS Siap Beroperasi. Dua belas lempeng panel surya sudah terpasang di framenya. Cahaya matahari sudah siap diubah menjadi energi listrik. Terbayang jika seluruh atap rumah di Jakarta juga terpasang solar panel, betapa besar dampaknya pada perlidungan lingkungan.

Penyimpan listrik
Penyimpan listrik





Penyimpan Listrik. Battery yang disusun pada raknya. Listrik dari panel surya disimpan dalam battery ini sebelum diubah menjadi arus bolak-balik (AC).

Inverter
Inverter





Inverter.  Berfungsi sebagai pengubah arus searah (DC) dari battery menjadi arus bolak-balik (AC) yang akan disalurkan ke perangkat studio dan perangkat elektronik lainnya.

Controler
Controler





Controler. Berfungsi sebagai pengontrol kestabilan tegangan dan arus listrik yang disuplai dari panel surya sebelum disimpan dalam battery.


Komunitas Utan Kayu
Komunitas Utan Kayu





Green Radio yang adalah bagian dari Komunitas Utan Kayu, telah memulai memanfaatkan sinar matahari sebagai salah satu sumber energinya menggantikan listrik dari PLN.
 




 sumber:http://www.greenradio.fm/news/latest/352-studio-green-radio-bertenaga-surya

0 komentar:

Posting Komentar

Most Viewed

COMMENT