Jumat, 18 Mei 2012

Posted by ReL2 107.6FM
No comments | 08.57

 Komputer yang mulai lemot bekerja, biasanya kita reboot atau restart. Bagaimana kalau kita sendiri yang butuh reboot? Nah, ini dia. Akibat terlalu sibuk terkoneksi dunia maya, dengan berbagai aplikasinya, kita sering tidak sadar bahwa sama seperti komputer, manusia juga butuh istirahat.
Berapa banyak aplikasi yang selama ini menyedot perhatian kita? Email, Facebook, Yahoo Messenger, BlackBerry Messenger, Twitter, Blog, dan banyak lagi. Jangan heran kalau seringkali otak kita seperti lemot, hang, karena memproses terlalu banyak informasi. Akibatnya bisa sulit tidur, susah konsentrasi, penat, badan tidak bugar bahkan bisa sakit, lho.
Berikut ada 5 langkah agar kita bisa ikut reboot sejenak dari semua kesibukan online:

1. Log out dulu
BlackBerry yang terus-terusan bunyi menandakan email masuk, mention Twitter, atau update status Facebook, bikin otak kita hang jugakan? Ayo coba log out dulu dari semua akun online-mu.
2. Matikan ponsel
Bahkan kalau perlu matikan saja ponselmu. Matikan di sini betul-betul dimatikan lho, bukan hanya di-silent saja. Lakukan ini menjelang malam hari, sehingga kamu bisa benar-benar beristirahat total. Dan ketika pergi tidur pun kamu tidak perlu memikirkan banyak masalah.
3. Selalu matikan komputer
Biasakan untuk mematikan komputer total, bukan hanya menutup atau membuatnya berhibernasi. Terutama jika komputer ini ada di dalam kamar kita. Ini penting, sebab komputer yang masih menyala sering mengirimkan notifikasi adanya pesan yang masuk. Atau setidaknya masih menggoda kita untuk membukanya.
4. Jauhkan ponsel
Kalau ponsel sudah dimatikan tapi tetap saja tergoda untuk menyalakan dan memeriksa pesan masuk, sama juga bohong ya. Maka letakkan ponselmu sejauh mungkin darimu, agar tidak terlihat. Taruh saja di rak buku di ruangan lain, bukan di kamarmu. Dengan tidak melihatnya, maka godaan untuk menyalakannya makin sedikit.
5. Nikmati waktu bebas
Jangan memikirkan siapa yang akan menghubungimu, atau kamu harus mengirim email ke seiapa. Nikmati saja waktu bebas dari segala jenis hubungan online. Rasakan betapa nyamannya tidak harus terus menerus di depan komputer atau layar ponsel. Dengan begitu, kamu bisa pergi tidur dengan tenang, dan esok pagi terbangun lebih bugar.

0 komentar:

Posting Komentar

Most Viewed

COMMENT