Selasa, 05 Juni 2012

Posted by ReL2 107.6FM
No comments | 08.22
Makan secara teratur membuat tubuh lebih langsing?

Selain mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi, makan dengan jadwal tidak teratur juga dinilai menjadi penyebab seseorang mudah gemuk, demikian ungkap sebuah studi resmi. Penelitian pada tikus laboratorium yang dilakukan oleh para ahlinya tepatnya membandingkan dua jenis hewan percobaan tersebut dengan memberinya makan secara tidak beraturan dan sesuai jadwal. Hasilnya, tikus yang makannya diatur cenderung lebih kurus daripada tikus yang lain.
"Setiap organ tubuh memiliki jadwal sendiri. Artinya ada waktu untuk hati, usus, otot, dan organ lain bekerja semaksimal mungkin dan juga ada waktu saat organ-organ tersebut tidur," demikian tutur Satchidananda Panda, salah satu peneliti dari Salk Institute for Biological Studies, seperti yang dikutip dari MSNBC (22/05).
Siklus metabolisme tersebut dinilai sangat krusial bagi proses pencernaan. Organ-organ perlu "hidup" ketika Anda makan, dan "mati" ketika Anda tidak mengonsumsi apapun. Namun memberi makanan terus-menerus tanpa aturan menganggu siklus metabolisme tersebut, sehingga berujung pada kegemukan.
Studi yang menghabiskan waktu kurang lebih selama 18 minggu ini pun diakui para peneliti untuk dikembangkan lebih jauh efeknya pada manusia. Sebab akhir-akhir ini orang-orang sering makan tidak teratur, gemar begadang, dan kerap ngemil saat menonton televisi. Penelitian berikutnya diharapkan mampu berkonsentrasi pada jadwal makan orang-orang, bukan hanya pada jenis makanan yang mereka nikmati.

0 komentar:

Posting Komentar

Most Viewed

COMMENT