Selasa, 19 Maret 2013

Posted by Unknown
No comments | 12.31

Kuliah umum ini diselenggarakan oleh Mahasiswa dan Ilmuwan Indonesia di Eropa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia dan i-4 (Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional).

Acara ini dihadiri sekitar 500 peserta dari 10 negara Eropa. Hadir juga Dubes RI di Berlin, Bapak Eddy Pratomo dan Dubes RI di Brussel, Bapak Arif Havas Oegroseno, dan beberapa diplomat Indonesia dari sejumlah perwakilan RI di Eropa. Acara ini juga dihadiri oleh Rektor Rheinisch-Westfaelische Technische Hochschule Aachen (RWTH) Aachen University, Walikota Aachen, dan pers Jerman.
Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie memaparkan dua tema ceramah, yaitu: (1) peluang dan potensi kerjasama UE dengan ASEAN, dan kemaknaan hubungan kerjasama RI-Jerman (tema ini diperuntukkan para pejabat dan undangan non Indonesia), yang disampaikan dalam bahasa Jerman & Inggris; dan (2) Sinergi ilmuwan Indonesia di luar negari untuk pembangunan masa depan bangsa (tema khusus diperuntukkan para peserta Indonesia, yang disampaikan dalam bahasa Indonesia).
Ceramah yang berlangsung selama tiga jam ini (pukul 10.00 - pukul 13.00 waktu setempat) diikuti dengan penuh antusias, baik oleh peserta Indonesia maupun tamu asing. Di bagian akhir pertemuan, Moderator, yang juga Direktur Eksekutif i-4, Ahmad Adhitya (mahasiswa program S-3 Oceanologi dari Belanda), memberkan beberapa catatan penutup ceramah umum. Materi presentasi Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie serta catatan penutup oleh moderator dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Sumber : I-4Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Most Viewed

COMMENT