Kamis, 24 Mei 2012

Posted by ReL2 107.6FM
No comments | 07.45
67 Robot akan bersaing jadi yang terbaik

67 Tim yang berasal dari 29 perguruan tinggi Indonesia akan bertarung dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Wilayah yang turut serta adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, dan Sumatera Utara.

Semakin banyaknya perguruan tinggi yang berpartisipasi pada kegiatan ini membuat pertandingan diselenggarakan menjadi dua tahap, yakni Regional dan Nasional.

Untuk regional sendiri diselenggarakan di lima wilayah yakni STMIK Potensi Utama Medan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Institut Teknologi 10 November Surabaya, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

"Sementara kontes tingkat Nasional diselenggarakan di ITB pada 30 Juni sampai 1 Juli 2012," Kata Ketua Pelaksana KRI KRCI Tingkat Regional II, Kusprasapta Mutijarsa dalam jumpa pers di ITB Bandung, Rabu (16/5).

Kegiatan KRI dan KRCI sendiri merupakan acara tahunan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu dalam kegiatan yang sudah diselenggarakan sejak 1994 ini akan mempertandingkan empat kategori robot cerdas pemadam api beroda dan berkaki serta kategori robot soccer berkaki.

Dia menambahkan Indonesia sendiri telah beberapa kali mengadakan Kontes Robot Indonesia, dimana pemenangnya akan diikutsertakan pada kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon.

"ABU Robocon sendiri akan dilaksanakan di Hongkong China pada 19 Agustus 2012," ungkapnya.

Dengan kegiatan ini dia berharap untuk kemajuan teknologi khususnya peningkatan kualitas robot terutama pada sistem kontrolnya. Dengan begitu dia optimistis nama Indonesia bisa berkibar pada ajang kontes robot di dunia internasional.
Sumber : merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

Most Viewed

COMMENT